Selasa, 13 November 2012

Film Sejarah Islam yang Wajib Ditonton

Belum lama ini, dunia Islam digegerkan dengan hadirnya film kontroversial berjudul Innocence Of Muslims (2012) yang menghina Islam dan membuat naik darah seluruh umat muslim di penjuru dunia termasuk Indonesia. Untungnya, setelah itu muncul film sejarah Islam yang dibuat di tahun yang sama berjudul Fetih 1453 (2012) arahan sutradara Faruk Aksoy yang menceritakan tentang perjuang Sultan Muhammad al-Fatih menaklukkan Istanbul (Konstantinopel). Perlu diketahui, film Fetih 1453 bukanlah film sejarah Islam pertama karena sebelumnya sudah ada sutradara-sutradara dari kalangan muslim maupun non-muslim yang tertarik mengangkat kisah sejarah Islam dalam film. Dibawah ini adalah film-film sejarah Islam yang wajib ditonton :).
1. Fetih 1453 (Faruk Aksoy, Turki, 2012)
Film keluaran tahun 2012 yang juga dianggap film termahal Turki ini menceritakan tentang kisah perjuang Sultan Muhammad II al-Fatih menaklukkan Konstantinopel.



2. The Kingdom Of Solomon (Shariar Bahrani, Iran, 2010)

Admin kurang tau boleh atau nggak-nya pengarakteran para nabi dan rasul terutama Nabi Sulaiman AS tapi film ini cocok juga buat yang suka sejarah Islam karena tidak adanya penyimpangan cerita dan ceritanya merujuk dari Al-Qur'an.


3. Kingdom Of Heaven (Ridley Scott, AS, 2005)
Walaupun sutradaranya bukanlah seorang muslim, tapi dalam film ini sama sekali tidak ada unsur penghinaan Islam. Kisah Perang Salib dan Pertempuran Hittin memang wajib difilmkan.



4. The Message (Moustapha Akkad, Libya, 1977)

Pasti udah pada tau film ini :). Film ini emang sering diputar waktu admin masih SD dulu di sekolah. Menceritakan tentang kisah perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW dari menerima wahyu.


Ket: admin tulis Libya sebagai negara asal film karena film ini dan Lion Of The Desert dibawah diproduseri oleh diktator Libya, Muammar Khaddafi.

5. Lion Of The Desert (Moustapha Akkad, Libya, 1981)
Dibuat oleh sutradara yang sama dan beberapa pemeran yang sama dalam film The Message. Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan jihad Syekh Omar Mukhtar melwan penjajah Italia.





6. Muhammad The Last Prophet (Richard Rich, AS, 2002)
Sama seperti The Message, menceritakan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. Film animasi 2D ini hanya diputar di beberapa bioskop di Inggris dan AS.


7. Journey To Mecca (Bruce Neibaur, AS, 2009)
Film ini mungkin menjadi film Islam pertama yang diformat dalam bentuk IMAX. Pernah diputar saat liburan Idul Fitri tahun 2009 di Theater Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah. Film ini menceritakan petualangan Ibnu Battuta menuju Mekkah.


8. Hür Adam (Mehmet Tanrısever, Turki, 2011)
Film ini merupakan kisah biografi mengenai Bediüzzaman Said Nursi, filsuf Islam asal Turki dan berdarah Kurdi.
 
 
 
9. Sang Pencerah (Hanung Bramantyo, Indonesia, 2010)
Sang Pencerah mengungkapkan sosok Ahmad Dahlan sebagai pendiri organisasi Islam Muhammadiyah dan sosok pembaharu Islam di Indonesia.




8 komentar:

  1. gimana cara download filmnya?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum wr.wb
    utk admin terimakasih artikelnya sangat bermanfaat....

    to Novi Nurcahyani...
    kalau mau download vidio sila layari website ini : http://thepiratebay.sx

    BalasHapus
  3. wah ternyata cukup banyak juga yah.
    btw bagi sobat yang mau nambah koleksi film sejarah islam mangga mamfir ke http://kumpulankoleksi2013.blogspot.com/search/label/filem sudah banyak yang bersubtitle indoneisa

    BalasHapus
  4. Bisa d download gak film'y brow...??

    BalasHapus
  5. Film Salahudin Al Ayubi - The Liberator of Jerusalem bagus .
    Pemerannya adalah Aktor Sayyidina Abu Bakar di film Omar

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang SALAHUDDIN AL AYUBI film keren yang aktornya diperankankan sama tokoh Abu bakar di film ommar ibnu khottob..

      Hapus
  6. download di: lk21
    googling aj , ntar ketauan site nya

    BalasHapus