Selasa, 09 Juli 2013

Taha Hosna, Adam Ali, Farid Alhadi, dan Khalil Ismail

Sebelumnya, gua mau mengucapkan: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan Mubarak 1434 Hijriah :). Kembali ke pembahasan utama kita di sini. Kenapa gua tulis nama 4 orang itu diatas. keempat-empatnya berasal dari 4 etnis yang berbeda dan ketiganya sama-sama penyanyi muslim. Tepatnya, mereka berempat adalah penyanyi muslim dengan genre (ada yang sama) yang berbeda dan cukup populer di dluar negeri tapi kurang terkenal di negara kita tercinta, Indonesia.

Kita mulai dengan Taha Hosna. Dia ini penyanyi muslim yang boleh dibilang paling baru di dunia hiburan. Taha Hosna berasal dari Iran. Kemungkinan dia adalah penganut Syi'ah, bisa jadi.

Aliran lagu Taha Hosna ini menggabungkan gaya Timur Tengah dengan lagu-lagu barat. Kalau di benar Syi'ah, bukan berarti kita yang Sunni nggak boleh dengar lagunya. Boleh aja karena banyak lagu-lagunya yang berpemahaman universal dan bisa diterima semua golongan.

Berikut dibawah ini adalah video klip pertamanya di sini. Suara-nya mirip Sami Yusuf, ya :D

Kemudian, yang kedua adalah Adam Ali


Adam Ali ini adalah musisi bergaya RnB asal Amerika Serikat (keturunan Arab). Kalau diperhatiin baik-baik, mukanya mirip kayak Raef ya? Muka boleh mirip tapi suaranya Adam Ali lebih ke Michael Jackson atau Bruno Mars. Gayanya pun cukup stylish untuk seorang penyanyi muslim. Adam Ali juga pernah memenangkan GNAA Winner 2011.

Bisa lihat video klip-nya di sini

Yang ketiga ini mungkin cukup terkenal. Walau pernah ada seorang penulis blog di Indonesia yang menulis tentang Farid Alhadi, tapi masih sedikit orang Indonesia yang tahu tentang dia. Padahal dia ini keturunan Indonesia lho.
Farid ini menggabungkan unsur rap, RnB, dan hiphop dalam lagu-lagunya. Ia juga sering membuat lagu-lagu parodi dari lagu-lagu barat yang kemudian digubah menjadi semacam lagu-lagu yang membawa pesan-pesan islami.

Kita bisa lihat video klip-nya yang berjudul Firstday Fast yang merupakan parody dari lagu Birthday X Spoof di sini

Yang terakhir adalah Khalil Ismail
Orang kulit hitam memang jagonya dalam genre rap, RnB, dan hiphop. Khalil Ismail mungkin menyusul kesuksesan dakwah Native Deen. Kesamaannya dengan grup musik islam itu adalah selain sama-sama berdakwah dengan hiphop juga sama-sama tinggal di Washington DC. Selain bernuansakan islam, lagu-lagunya juga banyak yang membawa pesan-pesan universal. Ia juga pernah featuring bareng penyanyi muslim asal Afrika Selatan bersuara Michael Jackson, Zain Bhikha.

Di sini adalah video klip-nya yang paling gue suka

TAMBAHAN:

Sekedar tambahan aja, yaitu Farhad Akbar, musisi islam asal Afghanistan
Dari beberapa website, Farhad Akbar ini adalah penyanyi muslim pertama di Afghanistan. Ia juga sudah meluncurkan video klip pertamanya yang bisa kita lihat di sini.

Sampai sini dulu aja. Kalau ada kesalahan tulis, mohon maaf. Manusia termasuk gue juga memang tempatnya salah :) dan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1434 H.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar