Selasa, 10 Desember 2013

Ketika Kisah Pejuang HAMAS Difilmkan

Kayaknya jenuh dan bosen juga ya keseringan nonton film-film buatan Hollywood -_-. Pengen gitu nonton film-film yang berasal dari suatu negara yang filmnya nggak pernah nongol di bioskop negara kita. Palestina? Terutama di Jalur Gaza? Kenapa ngga?

Setelah browsing sana-sini, gua akhirnya nemuin film pertama buatan Hamas syuting di Jalur Gaza. Judulnya "imad Aqil". Suatu banget gitu buat gue :). Film ini memang terinspirasi dari kisah nyata seorang pemuda bernama Imad Aqil yang pada saat berumur 23 tahun bergabung denga Brigade Izzudin Al Qassam. Di umur 27 tahun ia meraih kesyahidan setelah rumah salah satu penduduk tempatnya berbuka puasa dikepung tentara Israel. Sebelum tewas, ia sempat melaksanakan sholat.


Film pertama yang berlokasi syuting di Jalur Gaza dan dirilis tahun 2009 ini disutradarai oleh Majid Jundiyah dan skenario-nya ditulis oleh petinggi Hamas, Dr. Mahmud Zehar. Pembuatan film ini lebih difokuskan pada biografi-nya ketimbang action-nya (walau bergenre begitu) jadi jangan bandingkan film ini dengan The Raid. Berbeda dengan film-film action buatan bule yang banyak terdapat wanita-wanita seksi dan aurat yang terumbar, film ini menampilkan tokoh-tokoh wanita berbalut jubah panjang dan jilbab namun tetap anggun.

Tokoh-tokoh Israel di film ini, seperti PM Israel tahun 1993, Yitzhak Rabin, dan Panglima Ehud Barak, diperankan oleh orang-orang Palestina yang berbicara bahasa Ibrani dengan terjemahan Arab. Dan Imad Aqil sendiri diperankan oleh Arafat Boulashat, "Iko Uwais"-nya Palestina :D.

Dibawah ini trailer film-nya.

Dan dibawah ini film full-nya. Selamat menonton :)



1 komentar:

  1. maaf, apakah masih punya full film Imad Aqil? Atau mungkin punya link untuk filmya?

    BalasHapus