Sabtu, 01 Februari 2014

MoCap: Menangkap Gerakan Untuk Animasi

Mocap pada Uncharted
Pernah nonton film animasi yang karakter manusianya bener-bener keliatan detail? Atau pernah main video game yang gerakan karekternya mirip manusia beneran? Semua itu menggunakan motion capture. Nggak tau motion capture? Wah, parah... Sama sih gue juga nggak tau apa itu motion capture (Ehehehehe... Hadeh -_-). Karena sama-sama nggak tau, postingan gue kali ini akan ngebahas tentang motion capture. Langsung aja check it out and scroll down :)



Polar Express (2004)

Ada yang tau mereka memerankan apa?

Dari Om Wiki, nih (Woo... Bilang aja males ngejelasin):
Motion capturemotion tracking, atau mocap adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan pengartian gerakan tersebut menjadi model digital. Ini digunakan di militer, hiburan, olahraga, aplikasi medis, dan untuk calidasi cisi computer dan robot. Di dalam pembuatan film, mocap berarti merekam aksi dari actor manusia dan menggunakan informasi tersebut untuk menganimasi karakter digital ke model animasi computer dua dimensi atau tiga dimensi. Ketika itu termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan ini biasa dikatakan sebagai performance capture.


Davy Jones dari Pirates Of The Caribbean: Dead Man's Chest (2006)


Dalam sesi motion capture, gerakan-gerakan dari satu atau lebih aktor diambil sampelnya berkali-kali per detik, meskipun dengan teknik-teknik kebanyakan ( perkembangan terbaru dari Weta menggunakan gambar untuk motion capture dua dimensi dan proyek menjadi tiga dimensi), motion capture hanya merekam gerakan-gerakan dari aktor, bukan merekam penampilan visualnya. Data animasi ini dipetakan menjadi model tiga dimensi agar model tersebut menunjukkan aksi yang sama seperti yang aktor lakukan. Ini bisa dibandingkan dengan teknik yang lebih tua yaitu rotoscope, seperti film animasi The Lord of the Rings, dimana penampilan visual dari gerakan seorang aktor difilmkan, lalu film itu digunakan sebagai gerakan frame-per-frame dari karakter animasi yang digambar tangan.

Andy Serkis memerankan King Kong (2005)
Ellen Page memerankan Jodie Holmes pada intro game Beyond Two Souls dengan mocap
Salah satu contoh motion capture murah

Gerakan kamera juga dapat di-motion capture-kan sehingga kamera virtual dalam sebuah skema dapat berjalan, miring, atau dikerek mengelilingi panggung dikendalikan oleh operator kamera ketika aktor sedang melakukan pertunjukan, dan sistem motion capture bisa mendapatkan kamera dan properti sebaik pertunjukan dari aktor tersebut. Hal ini membuat karakter komputer, gambar, dan set memiliki perspektif yang sama dengan gambar video dari kamera. Sebuah komputer memproses data dan tampilan dari gerakan aktor, memberikan posisi kamera yang diinginkan dalam terminology objek dalam set. Secara surut mendapatkan data gerakan kamera dari tampilan yang diambil biasa diketahui sebagai match moving atau camera tracking.

Tambahan dari gue: Nggak semua motion capture menggunakan marker atau suit (baju atau penanda sensor untuk peraga mocap). Adapula teknik mocap tanpa marker atau disebut markerless motion capture. Bahkan sudah ada film yang menggunakannya, yaitu Rango (2011). Johnny Depp memerankan tokoh utama Rango dengan markerless motion capture. Begitu juga pemeran lainnya.


Johnny Depp memerankan Rango dengan markerless motion capture

Nalar nggak tadi apa yang Om Wiki jelasin? Udah nalar? Ok! Scroll down lagi :)

Andy Serkis
Andy Serkis dalam Rise Of The Planet Of The Apes (2011)

Ada yang tau siapa itu Andy Serkis? Andy Serkis adalah aktor asal Inggris yang terkenal karena performanya memerankan tokoh-tokohnya dengan motion capture. Dialah orang yang berjasa menghidupkan Smeagol di Lord Of The Rings Trilogy (2001) dan The Hobbit Trilogy (2012), King Kong di King Kong (2005), Captain Haddock di The Adventures Of Tintin (2011), dan mungkin masih banyak lagi. Walau begitu, Andy Serkis tidak melulu berperan dengan mocap. Ia pernah memerankan sang penemu teori relativitas, Albert Einstein, secara live-action di film tv Einstein & Eddington (2008).

Night Of The Headless Horseman (1999)
Grafis pada film Sinbad: Beyond The Veil Of Mists (2000)
Salah satu adegan dari Biohazard 4-D Executer (2000)


Di Amerika, mocap pertama kali secara full untuk film animasi digunakan pada film Night Of The Headless Horseman (1999), film tv berdurasi 1 jam. Kemudian, film animasi mocap pertama yang berdurasi panjang dan ditayangkan di bioskop adalah Sinbad: Beyond The Veil Of Mists (2000) dengan grafis CGI yang masih sangat kasar. Selain Amerika, Jepang juga termasuk negara yang paling benyak menggunakan mocap untuk film-film mereka. Mocap pertama kali digunakan untuk film pada film pendek Biohazard 4-D Executer (2000). Kemudian, Jepang barulah merilis film animasi mocap berdurasi panjang pertama dari video game berjudul Final Fantasy: Spirits Within (2001) dan film-film lainnya seperti contohnya Final Fantasi VII: Advent Children (2005), Appleseed Ex Machina (2007), Tekken: Blood Vengeance (2011), dan Resident Evil: Damnation (2012). Appleseed Ex Machina paling unik karena film animasi 3d ini kemudian dirender dengan cel-shading hingga terlihat seperti animasi 2d. Mocap juga dipakai untuk intro video game terkenal seperti Devil May Cry, Uncharted, dan Beyond Two Souls.

Grafis pada Appleseed Ex Machina (2007) yang kemudian dirender dengan cel-shading hingga terlihat mirip animasi 2d


Selain Jepang dan Amerika, negara-negara lain juga turut menggunakan mocap pada film-film mereka seperti Afrika Selatan yang menampilkan para alien prawn yang berkeliaran di pemukiman kumuh Johannesburg, Afrika Selatan, pada film District 9 (2009) dengan mocap, Korea Selatan yang menampilkan monster mutan pada film Sector 7 (2011) dengan kombinasi mocap dan green screen, Turki dengan film animasi drama biografi berjudul God's Faithful Servant (2011), negeri jiran Malaysia dengan serial animasi Saladin (2010-2011), India dengan film animasi pertama dengan mocap dan photorealistic, Kocchadaiyaan, yang rilis tahun 2014 ini, dan bahkan negara berkembang Uganda sedang dalam produksi film animasi 3D yang menceritakan tentang perjalanan seekor gorila gunung berjudul Galiwango.

Alien prawn dalam District 9 (2009)

Kombinas mocap dan green screen untuk menghidupkan monster di Sector 7 (2011)

God's Faithful Servant: Barla (2011)

Grafis pada Saladin The Animated Series (2010-2011)
Grafis CGI dengan photorealistic pada Kocchadaiyaan (2014)

Mocap digunakan untuk menghidupkan CGI gorila pada film animasi Uganda, Galiwango (tanggal rilis belum diketahui)

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Motion capture pertama kali dipakai di negara kita untuk film Indonesia pertama yang mengombinasikan live-action dan CGI berjudul Janus Prajurit Terakhir (2003). Motion capture dan CGI dalam film ini dibuat oleh Dodo & Isa Ansori. Sayangnya, setelah film ini, tidak ada lagi film-film Indonesia yang meneruskan jejak Janus dan malah berkutat pada film horor, komedi, dan romantisme kacangan. Pada tahun 2009, Mochammad Hariadi dari ITS memperkenalkan software mocap bernama McGegas. Jadi untuk para perindu film Tanah Air berkualitas, jangan pesimis dulu, para animator Indonesia pasti suatu hati nanti bisa membuat animasi yang canggih dengan motion capture. Insya Allah :)


Janus Prajurit Terakhir (2003)
Grafik CGI Janus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar