Rabu, 21 Mei 2014

Karakter Kulit Hitam Terkeren di Anime

Kalau kita nonton anime atau baca manga, nggak jarang juga dari kita menemui tokoh protagonis atau antagonis yang berkulit hitam khas Afrika (atau mungkin juga orang yang kulitnya terbakar matahari). Entah apapun posisinya sebagai hero ataupun villain, keberadaan mereka membuat cerita semakin klop dan juga semakin menarik. Dulu, orang kulit hitam muncul dalam film, anime, manga, ataupun video game sebagai sosok pecundang, villain, atau orang yang mati pertama kali dalam cerita. Tapi sekarang semuanya berubah. Tokoh kulit hitam muncul modern ini sebagai sosok jagoan, pekerja keras, tangguh, dan memiliki sifat-sifat yang patut dicontoh yang bahkan orang-orang yang berkulit lebih putih bisa malu dihadapan mereka.


Di bawah ini, gue akan membawakan tokoh-tokoh kulit hitam terkeren di anime Jepang. OK, scroll down :)

Keterangan: Postingan ini sebelumnya pernah gue upload. Gue upload ulang karena ada perubahan. Sebelumnya ada satu karakter dari video game karena gue belum menemukan yg nomor 10-nya. Kali ini, gue upload ulang dengan menghapus karakter tersebut dengan karakter yang benar-benar dari anime. Terima kasih

10. Simon Brezhnev (Durarara!)

Pernah ngebayangin nggak, di Jepang ada restoran sushi tapi yang punya bukan orang Jepang. Di serial anime Durarara! yang diadaptasi dari light novel, berjudul sama, seorang pria kulit hitam yang uniknya bukan berasal dari Amerika maupun Afrika tapi dari Rusia bernama Simon Brezhnev, bersama temannya, mendirikan restoran bernama Russian Sushi. Mantan agen Spetnaz ini memutuskan untuk kabur ke Jepang karena hidupnya yang kurang menentu di Rusia. Walau terlihat menyeramkan karena tubuhnya yang tinggi besar ditambah aksen Jepangnya yang terdengar aneh, Simon sebenarnya adalah orang yang baik hati, ringan tangan dan cukup berperan dalam cerita. Skill bertarungnya juga oke dimana dia disebut sebagai satu-satunya yang dapat mengimbangi Shizuo Hewajima.

9. Jerso (Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Awalnya, gue memilih Scar dan Paninya dari anime yang sama untuk melengkapi daftar ini. Tapi gue akhirnya memilih Jerso, si manusia chimera, karena Scar bukan orang kulit hitam tapi dia orang Ishval (suku fiktif yang lebih ke Native American) dan Paninya yang kurang berperan cukup dalam cerita masih kalah dengan tokoh kita satu ini. Jerso adalah mantan tentara pusat Amestris yang bekerja untuk alkemis negara Solf J. Kimblee bersama temannya yang juga chimera, Zampano untuk menangkap Elric bersaudara dan membunuh Scar. Jerso sendiri dikira mati oleh istri dan anaknya alih-alih sebenarnya dijadikan kelinci percobaan oleh pemerintah pusat hingga menjadi chimera katak. Setelah ia, Zampano, dan dua teman lainnya yang juga chimera, Darius dan Heinkel, dikhianati Kimblee, Jerso dkk akhirnya bergabung dengan Edward Elric dan yang lainnya bersama-sama menggagalkan rencana jahat pemerintah untuk mengubah seluruh penduduk Amestris menjadi Philosopher's Stone.

8. Blade (Marvel Anime)

Eits... Tunggu dulu. Bukan Blade si pemburu vampir versi Amerika tapi versi animenya yang dibuat oleh Marvel Anime (kerjasama Jepang-Amerika). Masih memiliki cerita yang sama seperti pada versi Marvel Superheroes-nya, Eric Brooks lahir sebagai manusia setengah vampir yang disebut "DayWalker" yang jauh lebih kuat dari vampir manapun. Ia kemudian memutuskan menjadi pemburu vampir dengan nama samaran "Blade". Selain bertujuan menumpas semua vampir, ia juga berusaha mencari dan membunuh Deacon Frost, vampir yang menggigit ibunya saat ia masih dalam kandungan. Blade versi anime ini malah menurut gue tampil lebih tangguh dan keren dengan kepala botak dan tato di kepala ketimbang versi Amerikanya. Alur ceritanya bisa dibilang hampir sama dengan tambahan tokoh pembantu bernama Makoto.

7. Katayama Gorobei (Samurai 7)

Anime yang secara longgar diadaptasi dari filmnya pak Akira Kurosawa, Seven Samurai (1954) ini, memperkenalkan kembali 7 samurai tersebut dalam bentuk yang lebih modern. Katayama Gorobei salah satunya muncul kembali dalam sosok pria kulit hitam berusia setengah baya namun memiliki kekuatan yang tak kalah hebatnya dengan samurai-samurai yang lebih muda darinya (Shimada Kambei juga berkulit agak gelap namun ia lebih ke orang India atau Asia Tenggara). Sama seperti Kambei, Gorobei juga seorang veteran perang yang kemudia beralih menjadi seorang entertainer. Hingga ia direkrut Kambei sebagai salah satu diantara 7 samurai yang dipercaya menyelamatkan Desa Kanna. Ia memiliki insting yang tajam, sangat lincah, dan memiliki kemampuan menangkap benda-benda yang ditembakkan kepadanya. Seperti saat ia menangkap paku yang ditembakkan ke arah Kambei dari seorang cyborg jahat. Sayangnya, Gorobei adalah samurai yang pertama tewas dalam misinya T_T.

6. Agil (Sword Art Online)

Saat lo terjebak di sebuah permainan game online bernama Sword Art Online bersama ribuan pemain lainnya dan ternyata tidak bisa keluar bila belum menyelesaikan permainan, jangan ragu meminta bantuan dan kerjasama dengan pria kulit hitam bertubuh besar yang juga terjebak dalam game tersebut karena ia suka menolong dan memiliki sifat kepedulian yang tinggi. Andrew Gillbert Mills, atau akrab disapa Agil, adalah satu diantara 10.000 pemain yang terjebak. Di dunia nyata, dia adalah seorang pria Afro-Amerika yang bekerja di Jepang membuka usaha bernama Dicey Cafe. Di dunia SAO sendiri, ia mendirikan sebuah toko di Algade. Bersama Kirito dkk, Agil berusaha menyelesaikan permainan dan kembali ke dunia nyata. Saat berhasil kembali setelah dua tahun, Agil mengira kafe-nya sudah tutup. Ternyata masih berjalan karena istrinya yang mengelola kafe selama ia terjebak dalam permainan.

5. Captain Dutch (Black Lagoon)

Captain Dutch (tidak diketahui nama lengkapnya) adalah pimpinan kelompok The Lagoon Company yang berniat merebut disc yang diantar oleh Okajima Rokuro, si tokoh utama yang ternyata dikhianati oleh perusahaannya sendiri yang mengutusnya untuk mengantar disc. Dutch, si veteran Perang Vietnam ini, kemudian memutuskan untuk melindungi Rokuro yang berusaha dimusnahkan oleh perusahaannya sendiri. Melihat ternyata Rokuro cukup berguna baginya, ia kemudian mengizinkan Rokuro bergabung dengan The Lagoon Company. Walau digambarkan sebagai sosok yang kompleks dan mematikan saat bertempur, Captain Dutch adalah orang yang berpembawaan tenang dan cukup bersahabat.



4. Kaname Tousen (Bleach)

Kalau ditanya siapa tokoh keren lainnya di Bleach selain Ichigo dan Byakuya, mungkin Kaname Tousen adalah jawabannya. Kaname adalah mantan officer ke-5 divisi 9 dan kemudian menjadi mantan kaptennya. Walau buta sejak lahir, hal tersebut tidak menghalanginya menjadi shinigami terkuat , bahkan menjadi kapten dan memperoleh bankai. Sayangnya, ia terlibat dalam rencana jahat Hollowfication dengan membunuh seluruh atasannya di divisi 9 termasuk Kensei. Aizen akhirnya membongkar kejahatannya kepada Soul Society sesaat ia mengambil Hougyoku dari Rukia. Tousen, Aizen, dan Gin kemudian melarikan diri. Ia menyesal karena merasa telah mengkhianati Komamura dan Hisagi yang sudah ia anggap sebagai sahabat terbaik.

3. Raikage A (Naruto Shippuden)

Jurus apa yang bakal lo keluarin kalau lo ketemu orang satu ini. Bertubuh besar, berkulit hitam, berambut pirang , dan memakai gelang besar di kedua tangannya. Yondaime Raikage A siap menumpas siapa saja yang berani bikin masalah dengannya. Tentunya dengan Double Lariat dan Ligger Bomb-nya. Raikage ke 4 dari Kumogakure ini memiliki adik tiri bernama B (Killer Bee) yang memiliki ciri-ciri hampir sama dengannya dan juga mampu mengeluarkan jurus Double Lariat. Walau kadang muncul sebagai sosok yang kasar dan mudah termakan emosi, Raikage A merupakan orang yang sangat menyayangi adik tirinya, Bee, dan berusaha memotivasinya saat ia dijadikan Jinchuriki.

2. Killer Bee (Naruto Shippuden)

Killer Bee hampir sangat mirip dengan kakak tirinya dengan kulit hitam, tubuh besar, dan rambut pirang. Masa lalunya hampir sama dengan Naruto. Saat ia dijadikan Jinchuriki Hachibi, ia kehilangan kendali dan tidak sengaja membunuh ayah Motoi, teman dekatnya sejak kecil. Hal ini membuatnya dijauhi dan dicampakkan oleh masyarakat desa. Meskipun begitu, ia tersenyum dan mendorong dirinya menjadi jinchuriki terbaik. Sama seperti Naruto, Bee adalah orang yang keras kepala. Ia juga menuntut orang untuk menghormati dirinya dengan gaya nge-rap-nya. Karena kesamaan itulah, Bee cukup mengerti dan peduli dengan apa yang dirasakan Naruto dan menjadi teman yang cukup dekat dengannya.

1. Afro (Afro Samurai)



Karena samurai yang kulitnya terang sudah terlalu mainstream, Takashi Okazaki, melalui manga-nya yang berjudul sama, menempatkan pria kulit hitam sebagai tokoh utama dalam drama action samurai yang bersimbah darah. Afro, sesuai namanya, ia memiliki gaya rambut afro (orang Indonesia nyebutnya kribo :P), pendiam tapi kalau berani menantangnya berduel, siap-siap kehilangan kepala. Jadi nggak heran kalau gue memasukannya dalam urutan pertama. Saat Afro masih kecil, ia melihat ayahnya, Rokutaro-penyandang Number One Headband, dibunuh oleh Justice-penyandang Number Two Headband. Ia pun kemudian tumbuh dengan nafsu balas dendam dan bertujuan membunuh Justice demi mendiang ayahnya.

TAMBAHAN

11. Belfangan Grouseaux (Full Metal Panic: The Second Raid)


Letnan Belfangan Grouseaux atau kadang ditulis Belfangan Clouseau adalah seorang pilot untuk mecha Urzu 1 dalam pasukan khusus Mithril. Keberadaannya untuk menggantikan Kapten Gail McAllen yang tewas oleh Gauron. Belfangan ini adalah seorang blasteran Afro-Arab yang berasal dari Kanada (namun diketahui ia berkewarganegaraan Amerika Serikat). Ia juga diduga sebagai seorang muslim setelah ia menolak minuman beralkohol di sebuah bar. Diam-diam, Belfangan juga seorang otaku dan langsung panik saat diminta berhenti menonton anime oleh Kapten Tessa Testarossa (dalam OVA). Walau begitu, dia juga seorang ahli beladiri yang hebat dan mengaplikasikan kemampuan beladirinya saat mengendalikan Urzu 1.

Jadi buat kalian yang punya warna kulit gelap, jangan malu. Karena kata siapa orang kulit hitam/gelap itu pecundang? Di dunia nyata pun, banyak orang kulit hitam yang menyandang segudang prestasi. Dan buat kalian yang berkulit putih/terang, jangan jadi orang rasis dan menghina atau lebih parah lagi menjauhi teman kalian yang kulitnya gelap. Sekian dulu dari gue, see you next time ;) .

1 komentar: