Minggu, 13 Juli 2014

Torkaizer: Ketika Orang Arab Bikin Anime

Mungkin gw lumayan telat untuk nulis beginian mengingat anime ini udah ada sejak tahun lalu. Tapi nggak apa-apalah daripada bulan Juli ini gue nggak nulis apa-apa. Karena wajib diketahui juga oleh para otaku di Indonesia kalau bukan cuma orang Jepang yg bisa bikin anime. Bahkan orang Arab pun juga bisa. Dan saat iseng-iseng gue nulis "arabs in anime" karena penasaran bagaimana pandangan orang Jepang terhadap orang Arab dan budayanya, gue nemuin beginian.


Dengan ciri-ciri khasnyayg menarik, tak heran bila anime menjadi sangat populer dan mendunia hingga mempengaruhi industri animasiinternasional. Pada tahun 2003, Dongwoo Animation di Korea Selatan membuat film anime layar lebar berjudul Sky Blue: Wonderful Days. Di Indonesia, MSV Pictures yang berbasis di Yogyakarta juga dalam tahap pembuatan film anime layar lebar berjudul Battle Of Surabaya yang direncanakan rilis tahun ini. Sejak era animasi 90-an pun, AmerikaSerikat sudah sering membuat serial animasi yang dipengaruhi gaya anime. Dan tahun lalu, Alter Ego Studio di UAE membuat serial anime Timur Tengah berjudul Torkaizer.


Torkaizer bercerita tentang Ahmed, seorang pemuda Emirat yg merayakan kelulusannya dengan pergi berlibur ke Jepang. Sesampainya ia disana, ia menjadi salah satu saksi mata invasi alien ke bumi. Hingga takdir menunjuknya sebagai pilot Torkaizer, robot tempur yang menjadi harapan terakhir umat manusia.



Dari sini kita ketahui, walaupun budaya Jepang sangat berlawanan dengan budaya Timur Tengah namun terlihat bahwa anime cukup digemari oleh masyarakat Timur Tengah.

Sampai sini dulu. sebelumnya saya mengucapkatn Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1435 H




Tidak ada komentar:

Posting Komentar