Sabtu, 21 Juli 2012

Peristiwa-peristiwa Penting di Bulan Ramadhan

Ramadhan wahai saudaraku, bukanlah bulan tuk bermalas-malas ria. Bukan pula ia menjadi alasan tuk memperbanyak tidur dan berdiam diri. Sebaliknya, ramadhan adalah bulan dimana seorang hamba semestinyalah berlomba-lomba dalam memperbanyak amal sholeh di bulan ini. Karena setiap kebaikan yang kita lakukan di bulan penuh maghfiroh ini, kan diperoleh pahala yang berlipat ganda. Hal ini dikarenakan Ramadhan adalah bulan yang begitu istimewa, selain karena berkah, rahmat dan ampunan Allah begitu deras mengalir tuk para hambanya di bulan Ramadhan, peristiwa-peristiwa besar dan penting yang sempat disaksikan oleh Rasulullah pun terjadi pada bulan ini.

 Nah, tercatat ada Sembilan peristiwa penting pada zaman Rasulullah yang terjadi bertepatan dengan bulan ramadhan.

 1. Perang badar dan penaklukan kota makkah (fathu Makkah) terjadi pada bulan ramadhan. Hal ini seharusnya menjadi motivasi bagi kita, tuk tidak menjadikan puasa sebagai alasan tuk berbuat tidak maksimal alias biasa-biasa saja. Rasa haus dan lapar tidak seharusnya dijadikan tameng tuk berhenti bekerja. Karena setiap gerak langkah kita, akan di catat sebagai ibadah di mata Allah, bahkan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Subhanallah….
 2. Tercatat sebanyak 6 kali Rasulullah melakukan peperangan melawan kaum kafir Quraishy pada bulan ramadhan.
3. Pada bulan Ramadhan pula pernikahan Ali dan Fatimah dilangsungkan
4. Begitu juga pernikahan Rasulullah sendiri dengan Hafshah binti Umar bin Khatab serta Zainab binti Khuzaimah, terjadi pada bulan dimana al Qur’an ini diturunkan.
5. Kematian putrid Rasulullah SAW, Ruqoyah, juga bertepatan dengan bulan Ramadhan.
6. Hancurnya berhala-berhala, seperti Latta, Uzza, dan Mana’at milik kaum kafir Quraisy pas di bulan penuh rahmat dan ampunan ini.
7. Runtuhnya masjid Adh Dhirar milik orang-orang munafik terjadi pada bulan puasa.
8. Datangnya rombongan delegasi kaum Tsaqif yang ingin masuk islam juga bertepatan di bulan Ramadhan.
 Tambahan (tentang bangsa kita sendiri):
9. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tanggal 17 Agustus 1945. Wih... Bung Karno pidato disaat puasa menahan haus dan lapar. Bener-bener The Real President!
 
Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan dimana Rasulullah menjadi saksi akan peristiwa tersebut. Peristiwa-peristiwa diatas tentu saja semakin mengukuhkan kebenaran akan kemuliaan dan keistimewaan bulan suci Ramadhan. Belum lagi ditambah fakta penting bahwa al Qur’anul karim juga diturunkan bertepatan dengan bulan penuh rahmat ini. Subhanallah.
Sahabat, yuk mumpung Ramadhan baru bergulir beberapa hari. Sisa ramadhan yang masih cukup panjang ini seharusnyalah kita isi dengan memperbanyak amal sholeh. Mari kita berusaha semaksimal mungkin smemanfaatkan setiap waktu yang Allah amanahkan tuk beribadah kepadaNya. Karena belumlah tentu Ramadhan tahun depan akan menyapa kita lagi. Ramadhan yang sedang berjalan dihadapan kita sekarang ini adalah kesempatan baik untuk berlama-lama dengan Robbul ‘Izzati. Jangan sia-siakan yach. Insyaallah rahmat Allah senantiasa mengalir kepada mereka yang mengisi waktunya tuk beribadah semata-mata mengharap ridho Allah Ta’ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar