Sabtu, 07 September 2013

Cara Menampilkan Huruf Arab di OperaMini

Mengalami masalah dengan Operamini saat mendapati website dengan menggunakan huruf arab merupakan hal yang lumrah, biasanya tampilan huruf tersebut akan berubah menjadi kotak-kotak. Namun sebenarnya masalah seperti ini tidak akan berdampak pada ponsel yang mendukung font multi bahasa. Misalkan untuk ponsel dengan OS symbian s60v3 masalah ini tidak akan terjadi jika kita memasang aplikasi FontrouterMan, tapi jika tidak menggunakan aplikasi tersebut pasti timbul masalah seperti diatas.

Lalu bagaimana kalau ponsel kita tidak mendukung font multi bahasa?... Tenang saja, ada tips sederhana agar operamini bisa menampilkan huruf arab tanpa harus mengganti font bawaan ponsel. Trik ini hampir sama dengan cara menghilangkan reload pada operamini. Untuk cara settingnya adalah sebagai berikut:

1. Ketik about:config pada kolom URL.
2. Pilih Use bitmap fonts for complex scripts ganti NO menjadi YES. Biasanya terdapat pada pilihan paling bawah.
3. Kemudian Save.
Jika sudah selesai silahkan coba dengan mengunjungi website yang didalamnya terdapat tulisan Arab. Maka hasilnya akan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

opera-tidak-dapat-membaca.jpg
Tampilan operamini Sebelum di setting.

operamini-membaca-huruf-a.jpg
sesudah disetting.

Jika anda belum melakukan setting ini, silahkan dicoba dan semoga berhasil. Sekirannya cukup sekian dulu, sedikit tips cara setting operamini agar bisa menampilkan huruf arab dari saya. Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Terimakasih ...

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar