Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 19 Desember 2011

5 Perusahaan Ponsel Asli Indonesia

Mungkin kita sudah banter mengenal nama-nama perusahaan ponsel luar negeri seperti Sony Ericson, Nokia, Blackberry, Samsung, Motorola, dan Huawei. Tapi siapa sangka, ada segelintir putra-putri bangsa yg membuat perusahaan ponsel asli Indonesia. Walaupun fiturnya masih terbelakang dibanding ponsel-ponsel luar negeri, mereka siap menyaingi produk-produk tersebut.

1. Polytron

















Perusahaan ini mungkin banter kita dengar sebagai perusahaan elektronik rumah tangga asli Indonesia. Itupun juga sering kita kira perusahaan ini punya Jepang atau Amerika. Tapi untuk yang terbaik bagi bangsa, mereka juga memproduksi 10 ponsel android yang tak kalah fiturnya dengan ponsel android luar negeri. Di websitenya di polytron.co.id, ponsel android ini belum dijual di publik masih dalam tahap segera. Tapi ane yakin ponsel android ini akan untung besar bahkan siap menyaingi ponsel android luar negeri.

2. Nexian

Banyak orang mengira ponsel ini ponsel China. Padahal nama produser yg mengasuhnya saja PT. Metrotech Jaya Komunika yg bisa dibilang nama2 perusahaan yg asli Indonesia. Nexian pernah berkolaborasi dng Si2i, produser ponsel asal Singapura, untuk mendapatkan brand yg lebih luas. Nexian pernah memproduksi ponsel dengan fitur terbaiknya yg hampir menyaingi Blackberry Pearl, yaitu Zip NX-277D. Nexian juga pernah menggandeng android dengan nama Nexian HotRoo. Bahkan, dalam waktu dekat Nexian akan jadi raja ponsel di negeri sendiri kalau perlu di dunia internasional.

3. Vitell

Perusahaan ponsel Vitell juga tak mau kalah dng produsen ponsel lainnya dalam menjaring pelanggan yg hobi ol-an. Mereka pun mencanangkan aplikasi eBuddy di dua ponsel Vitell  mereka, V710 dan V222. Keduanya pun bisa dibilang berkualitas internasional seperti V710 yg mengambil konsep Nokia E71 dan dilengkapi tombol model qwerty. Lain lagi dengan V222 yang dilengkapi dng Dual On GSM.

4. StarTech




Ternyata ponsel StarTech asli Indonesia, lho. Star Tech Mobile dan produsennya mengklaim bahwa ponsel ini dirancang dng pandangan org Indonesia dlm kegunaan ponsel seperti suka sms dan mms. Produk yg didistribusikan oleh PT. Dian Graha Elektrika ini, baru dijual sekitarJabodetabek saja. Sst...StarTech kalau di Indonesia mungkin nama ponsel tapi kalau di luar negeri malah nama mobil yg diprosuksi oleh Chrysler.



5. Venera

Venera juga bernasib sama dng Nexian yaitu sama-sama dikira ponsel China. Padahal Venera sempat menjadi primadona baru dkm penjualan ponsel lokal terutama yg bermodel qwerty. Salah seorang penulis di abdcell.wordpress.com mengatakan bahwa dirinya pribadi adalah pengguna ponsel ini. Bentuknya mungkin tak terlalu menarik tapi ponsel ini punya daya tarik dlm segi dual sim on, fitur multimedia, dan faktor harga yg pas buat rakyat.


4 komentar:

  1. ooh berarti hp saya yaitu nexian dan venera asli buatan indonesia yha..tapi kenapa tulisannya ko made in china...

    tolong yha blogger umumkan kepada masyarakat indonesia biar produk kita laku di negri sendirin maupun internasional....please

    BalasHapus
  2. nexian ama venera ataupun vitell,..chipsetnya menggunakan produk chines,..MTK(mediatek),spreadtrum,Mstar dll,...Indo baru packingnya aja,...semoga besok ke depannya mnggunakan chipset/cpu made anak bangsa sndri.kalo tool utk servis hp sndri, anak bangsa sdh bnyak yg mampu bkin,...

    BalasHapus