Senin, 26 Desember 2011

15 Tempat Petualangan Tintin

1. Rusia
Walaupun Tintin beregion di Belgia, tempat petualangan pertamanya adalah Rusia yang saat itu masih bernama Uni Sovyet. Hal ini ditunjukkan dalam albumnya yang pertama berjudul Petualangan Tintin di Tanah Sovyet yang masih menggunakan fragmen hitam-putih. Bagian ini merupakan satire dan sindiran politik karena Sovyet saat itu sedang dikuasai oleh komunis.

2. Kongo
Kongo menjadi negara Afrika pertama yang menjadi setting Petualangan Tintin karena Kongo adalah negara jajahan Belgia. Kongo muncul di album kedua Tintin berjudul Tintin di Congo. Album ini dianggap kontrovesial karena penuh dengan sifat rasisme antara orang kulit putih dengan orang kulit hitam. Herge pun akhirnya menuruti dan mengubah total ceritanya bahkan iapun menggambarkan pertemuan Tintin dng temannya dari kalangan orang kulit hitam bernama Coco.

3. Amerika Serikat



Amerika Serikat dijadikan setting pada albumnya yang muncul thn 1932 dengan judul Tintin di Amerika. Awalnya, Tintin ditugaskan sebagai wartawan dan reporter di Amerika. Namun, dia malah terlibat dng gembong mafia pimpinan Al Capone.

4. Mesir

Mesir muncul dalam kisah Tintin dan Cerutu Sang Fir'aun dimana Tintin bermasalah dengan sekelompok pengedar narkotika yang menyelundupkannya di cerutu. Selain mesir, edisi ini juga bersetting di India pada bagian akhirnya.

5. India

India muncul di bagian akhir dari kisah Tintin dan Cerutu Sang Fir'aun dan Tintin dan Lotus Biru. Ane nggak berhasil menemukan penggambaran India di internet tapi menemukan model ambulans yang menolong Tintin di wilayah administratif (tapi fiktif) Gaipajama, India. Tinti juga diceritakan dirawat dan diterima dng sangat baik di Istana Gaipajama dan mendapatkan bantuan penuh. Bahkan, ada juga bagian dimana Milo, anjing peliharaan Tintin, bermain dengan Putra Maharaja Gaipajama.

6. Belgia

Tentu saja, sebagai komik yang beregion di Belgia dan tokoh utamanya asli orang Belgia, negara ini muncul hampir disetiap album. Salah satu album yang full di Belgia adalah Zamrud Castafiore yang melibatkan kasus hilangnya permata Maharaja Gopal milik Bianca Castafiore. Tintin, Milo, Kapten Haddock, Nestor (pelayan Kapten Haddock sekaligus teman Tintin) dan Profesor Lakmus tinggal bersama-sama di Puri Moulinsart.

7. Indonesia

Indonesia mungkin hanya muncul sekali dalam satu epiode yaitu Penerbangan 714 ke Sydney tapi ternyata Indonesia mengisi full cerita ini dari awal sampai akhir. Fragmen di atas menggambarkan Tintin dan teman2nya sedang berada di Bandara Kebayoran, Jakarta. Eh, perhatikan bagian tengah bawah, deh. Ada penampakan tokoh yang mirip Bung Hatta. Selain itu, Herge, komikus Tintin, juga menggambarkan bangsa Indonesia sebagai bangsa pelaut dan negara maritim terbesar. Hal ini ditunjukkan saat pesawat yang dinaiki Tintin dibajak dan hampir menabrak kapal nelayan Phinisi yang didalamnya ada seorang pelaut Makassar. Ada pula gambaran bahwa Indonesia adalah negara di dalam cincin api yang ditunjukkan pada pulau fiktif tempat Tintin mendarat adalah pulau dng gunung berapi aktif. Tapi Herge ngaco juga karena menggambarkan komodo dan bekantan dalam satu habitat.


8. Maroko
Maroko muncul dalam album Tintin dan Kepiting Bercapit Emas sekaligus menceritakan pertemuan pertama Tintin dan Kapten Haddock. Maroko juga muncul dalam versi filmnya yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan Peter Jackson. Ada juga bagian lucu ketika Tintin dan Kapten Haddock terjebak ganasnya gurun Maroko, Kapten Haddock berhalusinasi melihat tutup botol sampanye yang padahal adalah kepala Tintin dan berusaha melepasnya secara paksa.

9. Albania
Negara Albania diubah oleh Herge menjadi negara fiktif bernama Syldavia yang beribu kota di Klow. Albania bisa dikatakan paling banyak kedua diambil settingnya setelah Belgia dan pertama kali muncul dalam edisi Tongkat Raja Ottokar dan masih ada episode2 yg tak bisa semuanya ane sebut kecuali Penculikan Lakmus. Penduduk di negeri ini digambarkan beragama Islam namun raja beserta para pembesarnya beragama Kristen Ortodoks.

10. Palestina


Palestina muncul dalam album Tintin berjudul Negeri Emas Hitam dimana Palestina digambarkan sebagai negeri yang kaya akan minyaknya dan diubah menjadi negara fiktif bernama Khemed. Fragmen di atas adalah fragmen yg dihapus oleh Herge karena dianggap kontroversial dan menyangkut kasus pertikaian Yahudi-Arab saat berdirinya negara Israel. Ceritanya pun diganti oleh Herge menjadi pertikaian antara pemerintah Emir Mohammed ben Kalish Ezab dng Sheikh Bab El Ehr. Sayangnya, hal itu membuat rasa Palestina-nya sempat hilang hingga terlihat seperti Arab Saudi atau Iraq.

11. Cina

Tintin berpetualang di Cina dan bermasalah dng intelijen Jepang dalam edisi Lotus Biru. Tintin juga dlm cerita ini menyelidiki kasus perdaganga opium setelah diminta seorang tokoh asal Cina saat Tintin berada di India. Disini, Tintin juga bertemu teman barunya yg bernama Chen dimana Tintin menyelamatkannya dari banjir. Saat Tintin bermasalah dng militer Jepang dan hampir tertangkap, Tintin diselamatkan oleh seorang pedagang yg ternyata adalah kakak dari penarik kereta yg dibela oleh oleh Tintin karena si penarik kereta hampir dihabisi oleh seorang Eropa di pasar.

12. Peru

Peru muncul dlm album Tintin di Kuil Matahari yg merupakan kelanjutan dari Tujuh Bola Ajaib dimana Tintin, Milo, dan Kapten Haddock berusaha menyelamatkan Profesor Lakmus yg diculik karena menemukan gelang Rascar Capac. Disini, Tintin juga bertemu teman barunya dari kalangan Indian, Zorinno, yg dikerjai oleh orang2 Spanyol.

13. Tibet
Tibet mungkin masih negara semi-merdeka dari wilayah Cina. Dalam album Tintin di Tibet, Tintin menjelajahi pegunungan Himalaya di wilayah perbatasan Nepal-Tibet utk mencari temannya, Chen, yg diceritakan hilang setelah kecelakaan pesawat di wilayah Tibet. Petualangan Tintin di Tibet juga dirundung misteri karena  mereka dihantui oleh makhluk misterius bernama Yeti.

14. Skotlandia

Album berjudul Pulau Hitam yang menceritakan petualangan Tintin di Skotlandia, ia terlibat dengan sebuah kelompok kriminal pemalsu uang dan misteri makhluk aneh yg merajalela di pulau terpencil aneh yg berada di tengah salah satu danau di Skotlandia. Disini juga pertemuan pertama Tintin dng musuh bebuyutannya yaitu Dr. J. W. Muller.

15. Timur Tengah

Mungkin ini cocoknya bukan negara tapi gugusan negara-negara Asia Barat yg sebagian besar penduduknya berasal dari kalangan etnis Arab. Timur tengah muncul dalam album Tintin di Laut Merah. Di album ini, Tintin secara tak sengaja bermasalah dng kelompok penyelundup manusia di Timur Tengah. Tintin juga berhasil menyelamatkan orang2 kulit hitam yg diculik dan akan dijadikan budak padahal orang2 itu ingin melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar