Jumat, 18 Januari 2013

Kompilasi Film Action Indonesia 2000-2013 (Part 4)

1. Sajadah Ka'bah (2011)

Rhoma Irama, musafir, sedang mengunjungi masjid-masjid di Lombok dalam rangka silahturahmi dan syiar ukhuwah Islamiyah dengan para pengurus masjid yang tergabung dalam forum Fahmi Tamami. Tanpa sengaja Rhoma bertemu dengan seorang janda, Sohiba dan putrinya, Saimah, yang masjidnya menjadi incaran Towi, pengusaha yang berniat mengubah masjid dan rumah Sohiba menjadi tempat perjudian terbesar di Lombok.


Towi berhasil memanipulasi Ridho, anak Rhoma, sehingga Rhoma harus berhadapan denganTowi dan anaknya sendiri di perebutan masjid dan tanah Sohiba. Ridho menentang ayahandanya, karena tercampur rasa cintanya kepada putri  tunggal Towi.
Rhoma menerima tantangan duel dengan Towi untuk menentukan siapa yang berhak atas masjid dan rumah Sohiba, sementara anak buah Towi mengintimidasi Sohiba dan putrinya serta merampas selembar sajadah bergambar Ka’bah yang baru ditenun Sohibah.

2. Hati Merdeka (2011)

Setelah menyelesaikan misi yang berakhir tragis dengan kehilangan anggota kelompok ini, kesetiaan kelompok ini kembali diuji dengan mundurnya pimpinan mereka, Amir (Lukman Sardi) dari Angkatan Darat. Tanpa pemimpin dan dengan dirundung kesedihan karena kehilangan mereka, para kadet membawa dendam mereka dalam perjalanan misi mereka ke Bali tempat Dayan yang bisu (T. Rifnu Wikana) tinggal, untuk membalas dendam kepada Belanda. Mereka dikirim ke Bali untuk membunuh Kolonel Raymer (Michael Bell, aktor berbakat dari Inggris yang meninggal April lalu), yang telah membunuh keluarga Tomas (Donny Alamsyah) di awal trilogi ini. Tomas telah dipilih sebagai pemimpin baru dari kelompok kadet ini. Menghadapi meriam kapal perang Belanda, Marius yang playboy dan peminum (Darius Sinathrya) harus mengatasi rasa takutnya karena persaingannya dengan Tomas untuk memperebutkan Senja, seorang gadis berdarah biru (Rahayu Saraswati)
Sesampainya di Bali, kelompok taruna ini menyelamatkan Dayu (Ranggani Puspandya) dari kekejaman kelompok milisi KNIL Kolonel Raymer, tapi salah satu dari kelompok kadet ini hampir saja mati terbunuh. Saat teman mereka sedang berjuang antara hidup dan mati, kelompok kadet ini bertemu dengan pemimpin pemberontak bawah tanah Wayan Suta (Nugie). Tomas bentrok dengan pimpinan mereka terdahulu, Amir (Lukman Sardi) saat mereka merencanakan serangan terakhir untuk melawan milisi Raymer yang menimbulkan pertanyaan: Sejauh mana revolusi ini bisa menghancurkan kejahatan dan tetap mempertahankan idealismenya?

3. The Mentalist (2011)
Dua mentalis, Deddy Corbuzier dan Ronggo Sewu (Limbad), bersaing untuk menunjukan siapa yang paling hebat. Ronggo Sewu yang dulunya asisten Deddy Corbuzier memfitnah Deddy Corbuzier dengan menggunakan ilmu sihir dalam setiap atraksi sulapnya. Hal ini tidak bisa diterima Deddy Corbuzier. Permusuhan dan dendam di antara keduanya tidak bisa dihindarkan. Mereka terjun ke dalam permainan berbahaya di mana nyawa menjadi taruhannya

4. X-The Last Moment (2011)
Dido, Ikang, Ijul, Anung, dan Angga, lima sahabat kecil yang bertemu kembali dalam situasi dan keadaan yang jauh berbeda. 13 tahun lalu mereka pernah bersumpah untuk bertemu, namun pertemuan kali ini justru tidak nyaman karena mereka bertemu dalam lingkaran “narkoba”. Mereka berlima berusaha terlihat normal dan menyembunyikan keterlibatan mereka dengan narkoba.
Bekerja di biro iklan, Didho sangat kental dengan kehidupan malam. Di kehidupan malam ini Didho sering melakukan transaksi narkoba. Didho berkenalan dengan Yayang. Karena hubungan yang kelewat bebas, Yayang hamil. Yayang dikucilkan dan dibuang keluarganya. Frustrasi karena ditinggal Yayang, Didho justru semakin kehilangan kendali dan semakin larut dengan narkobanya.
Ikang berkenalan dengan bandar narkoba yaitu Pak Pram. Lewat Pak Pram Ikang menjadi bandar segala jenis narkoba, namun Ikang hanya menjual tapi tidak mengkonsumsinya.
Ipul berprofesi sambilan sebagai tukang ojeg. Yang utama adalah menjadi pengedar/kurir narkoba. Dalam salah satu tugasnya,ijul mengantarkan paket ke seorang yang bernama Asti, perempuan kaya yang kemudian menjadi kekasihnya, meski hubungan mereka tidak lama. Anung, mahasiswa, dijerumuskan temannya Thomas, berjualan narkoba secara online. Angga, anak pejabat kaya raya, menjadi pengguna narkotika akibat kurang perhatian orang tuanya.

5. The Raid: Serbuan Maut (2012)

Tim SWAT ((special weapons and tactics), atau pasukan khusus tiba di sebuah blok apartemen yang tidak terurus dengan misi menangkap pemiliknya, raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek oleh polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman.
Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai Tama, penyerangan mereka terbongkar. Dari penthouse suite-nya, Tama menginstruksikan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar.
Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.

6. Kung Fu Pocong Perawan (2012)

Memey (Jessica Iskandar) diculik oleh Amsyong-Lu (Rizky Putra) saat Amsyong-Lu menyerang perguruan kung fu miliknya dan Bohsiaw (Yadi Sembako). Sebagai teman yang baik, Angpao (Daus Mini) pun menolong Bohlam (Olga Syahputra) yang merupakan pacar Memey untuk menyelamatkan Memey dari Amsyong-Lu. Sayang, ditengah jalan menyelamatkan Memey, mereka kecelakaan dan tewas, namun mereka memaksa kembali jadi pocong dan akhirnya berhasil menyelamatkan Memey.

7. Hattrick (2012)

Setiap tahun turnamen Underground Futsal bertaraf internasional berlangsung tanpa pernah diketahui khalayak. Bu Bos, janda pimpinan mafia, berambisi meneruskan cita-cita suaminya memiliki tim futsal. Toro, pelatih futsal ternama, diminta membentuk tim. Samuel, Halil, Alung, Anand, Markus berlatih di tempat khusus. Mereka dijaga pengawal bersenjata, mata juga harus tertutup setiap kali menuju kamp latihan. Toro tahu pemain pilihannya punya ketrampilan bagus, meski berbeda etnis dan latar kehidupan.
Mereka juga punya masalah yang bisa mempengaruhi keutuhan tim. Samuel kehilangan figur bapak, Alung menunggu pengakuan kewarganegaraannya, Anand dihantui rasa bersalah setelah kematian ibunya. Tapi Toro justru yakin perbedaan mereka adalah kekuatan timnya. Toro sempat putus harapan ketika Anand mengalami kecelakaan.
Toro juga semakin tersudut ketika Samuel mengetahui jati dirinya. Bu Bos memutuskan mengganti semua pemain bentukan Toro saat Futsal International Competition mulai. Di saat kritis itulah Toro memberanikan diri melawan keputusan Bu Bos. Ia memaksa timnya bertanding di turnamen futsal underground. Jaminannya: nyawa keluarganya.

8. I Love You Masbro (2012)

Keluarga Salman memiliki empat anak, semuanya laki-laki: Bagus yang ganteng tapi minderan ke cewek; Alim yang selalu membuat masalah; Rizky yang kecerdasan di bawah rata-rata, dan Vina, pretty boy yang obsesi dengan K-style. Kedua orangtua mereka meninggal karena kecelakaan saat hendak menjemput Alim pulang dari penjara. Jadilah anak-anak keluarga Salman harus bisa mandiri hidup tanpa orangtua.
Persoalan timbul karena ternyata orangtua mereka tidak meninggalkan warisan, kecuali rumah yang mereka tempati. Jadilah anak-anak ini harus memanfaatkan rumah warisan semaksimal mungkin untuk membiayai hidup mereka. Ternyata orangtua mereka punya hutang pada Boss Boss, yang mengancam Alim. Alim yang berusaha membuktikan dirinya bisa berkontribusi pada keluarga, berusaha mengatasi persoalan itu dengan caranya sendiri.
Usaha anak-anak keluarga Salman untuk menghasilkan uang ternyata memicu pertengkaran di antara mereka. Terutama antara Bagus dan Alim. Apalagi Bagus merasa cemburu dengan kedekatan Alim dengan Alia, tetangga mereka dari sejak mereka kecil. Boss Boss yang habis kesabaran, mengirim orang-orangnya untuk menculik Alia. Alim panik, dan memutuskan untuk minta bantuan temannya dari dunia kejahatan dulu.

9. Petualangan Singa Pemberani (2012)

Dahulu kala, seorang Penguasa Kegelapan dari dunia lain bernama Shadow Master datang ke dunia Paddle Pop untuk mengambil Kristal Lion yang memiliki kekuatan maha dahsyat. Shadow Master lalu menyerbu Kerajaan Lion karena mereka mengetahui lokasi persembunyian Kristal Lion. Di hari penyerbuan, Raja dan Ratu berhasil menyembunyikan peta lokasi Kristal bersama dengan Paddle Pop, anak mereka yang baru lahir ke tempat di mana Shadow Master tidak dapat menemukannya.
Tapi 16 tahun kemudian, Shadow Master berhasil menemukan Paddle Pop dan merenggut peta lokasi Kristal darinya. Alhasil, Paddle Pop harus memulai perjalanan untuk menghentikan Shadow Master dari mendapatkan Kristal Lion.

10. Sang Martir (2012)
Rangga (Adipati Dolken), mahasiswa usia 20 tahun tinggal sejak kecil di panti asuhan bersama adiknya Sarah (Ghina Salsabila).
Panti asuhan yang Islami ini milik Haji Rachman (Jamal Mirdad) dan istrinya Hajjah Rosna (Henidar Amroe) yang tidak punya keturunan, dan menjadi orang tua bagi anak-anak Panti Suatu hari, Lili (Widy Vierra) gadis usia 17 tahun diperkosa oleh Jerink (Edo Borne) seorang preman wilayah Panti yang dikuasai oleh Rambo (Tio Pakusadewo), kakak Jerink.
Rangga meminta pertanggung jawaban Jerink yang mengakibatkan mereka terlibat duel, hingga Jerink terbunuh. Rangga dipenjara selama 3 tahun. Situasi panti setelah Rangga di penjara berubah tragis, Haji Rachman mati oleh Rambo untuk menguasai kepemilikan areal panti. Anak-anak panti diberhentikan sekolahnya, dan dijadikan pengemis jalanan Saat Rangga menghirup kebebasan, orang-orang suruhan Rambo siap menghabisinya, namun genk anak buahnya Jerry (Ray Sahetapy), kepala genk preman musuh bebuyutan Rambo menyelamatkannya. Rangga menempati rumah kontrakan milik Jerry berdekatan dengan gereja. Hampir setiap hari seorang gadis remaja, Cinta (Nadine Alexandra) berdiri di luar gereja. Rangga penasaran melihat gadis itu berdoa di luar. Rangga dan Cinta saling mengenal dan menjadi dekat, kedua remaja yang berbeda keyakinan ini saling mengagumi dan jatuh cinta.
Konflik genk Rambo dan Jerry semakin memanas karena perebutan wilayah, bahkan situasi jadi lebih parah saat Rambo mendapatkan order seorang oknum untuk mengalihkan perhatian publik atas kasus korupsinya, dengan perang antar genk dan isu bom gereja.
Rambo membidik gereja di wilayah Jerry. Sebagai penguasa wilayah panti, Rambo memaksa Rangga untuk jadi martir, sebagai ganti keselamatan semua anak-anak panti asuhan Rangga dan Cinta, sepasang remaja jadi saksi yang mewakili kondisi karut marut sosial bangsa ini. Bagi mereka perbedaan adalah takdir yang harus saling dihargai. Dilematis yang menyakitkan bagi Rangga, antara menyelamatkan anak-anak panti asuhan atau mengikuti perintah Rambo untuk mem-bom gereja




Tidak ada komentar:

Posting Komentar